Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen menjadi kunci penting untuk kelangsungan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mempertahankan jalinan yang sudah ada dengan para konsumen. Salah satu cara yang baik adalah dengan menjadikan konsumen sebagai teman. Cara ini akan membuat hubungan Anda menjadi semakin erat dan mudah dalam melakukan promosi bisnis.
Dalam sebuah tulisan yang berjudul How to Turn a Reviewer Into a Forever Customer mengungkapkan bagaimana mengubah pelanggan menjadi teman. Apa saja yang harus dilakukan?
1.Lihat Ulasan Bisnis Anda
Jika Anda memiliki ruang bagi pelanggan untuk berkesempatan mengulas bisnis Anda, baik secara pelayanan maupun kualitas produk atau jasa, maka Anda perlu terus mengkaji ulasan itu. Hal ini juga untuk memperbaiki bisnis Anda agar para pelanggan mau kembali menggunakan jasa atau produk.
2. Beri Perhatian Lebih
Ketika Anda berkomunikasi dengan pelanggan, sebaiknya menempatkan sorotan sepenuhnya pada mereka dan menunjukkan betapa Anda menghargai mereka. Cara ini satu langkah lebih depan dalam mengambil hati pelanggan. Selalu ingat bahwa setiap orang ingin merasa penting, relevan, dan didengar. Anda perlu membuat tanggapan yang proaktif, peduli, dan berfokus pada pelanggan dalam setiap kesempatan. Hal ini akan menjadikan pelanggan memiliki pengalaman berbelanja yang melebihi harapannya.
3. Beri Umpan Balik
Ketika Anda meminta waktu pelanggan untuk memberikan kritik dan saran maupun pengisian kuisioner terhadap produk bisnis Anda, sebaiknya Anda juga patut memberikan umpan balik. Umpan balik ini misalnya pemberian free snack atau yang lainnya. Hal tersebut akan memperlihatkan Anda menghargai waktu yang telah dimiliki oleh pelanggan untuk membuat sebuah ulasan dan saran untuk kemajuan bisnis Anda.
4. Cepat Tanggap
Anda perlu cepat tanggap ketika pelanggan mengkritik bisnis Anda akibat pelayanan yang kurang memuaskan. Anda bisa segera menemuinya dan meminta maaf secara langsung ataupun memberikan penjelasan yang sesuai. Hal ini juga berlaku jika ada pelanggan yang mengkritik bisnis Anda secara online melalui media sosial ataupun ulasan bisnis Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu memonitor jaringan-jaringan yang tersambung dengan pelanggan Anda.
5. Temukan Kesukaan Pelanggan
Dalam setiap ulasan dari pelanggan, Anda juga perlu melihat hal-hal positif yang diakui pelanggan terhadap produk yang Anda miliki. Hal ini dapat Anda manfaatkan dengan menjelaskan produk yang dia sukai secara detail. Dengan demikian, pelanggan akan terus tertarik bahkan akan menceritakannya kepada orang lain.
6. Undang Pelanggan untuk Kembali Lagi
Ini mungkin terdengar sepele. Akan tetapi terlalu banyak bisnis yang lupa dengan kesempatan untuk mengundang pelanggan mereka untuk bergabung dengan mereka lagi, dengan cara yang menarik, informatif, dan benar-benar persuasif. Padahal, permintaan semacam ini dapat menarik pelanggan secara tidak sadar untuk kembali lagi.
7. Ucapkan Terima Kasih dengan Tulus
Ketika pelanggan memberikan review produk Anda dengan positif, jangan lupa untuk memberikan ucapan terima kasih secara tulus. Biarkan pelanggan Anda tahu bagaimana kata-katanya benar-benar berdampak untuk mempengaruhi dan memperkuat bisnis Anda.
8. Maksimalkan Ulasan Bisnis
Ulasan website seperti TripAdvisor dan lain-lain mendorong pelanggan untuk meminta ulasan candid. Jika Anda sudah mengumpulkan email agar dapat meminta umpan balik, maka mengapa tidak memanfaatkan hal tersebut untuk masuk dalam ulasan bisnis lainnya? Pilih pengulas terbaik sebagai calon penerima promo, penawaran, dan lainnya yang berbasis email yang bertujuan mendorong kunjungan berulang lagi oleh pelanggan
Share