logo-raywhite-offcanvas

25 Apr 2018

Hanya 32 Meter Persegi Bisa Bangun Rumah?

Hanya 32 Meter Persegi Bisa Bangun Rumah?

Masalah rumah sempit banyak terjadi di seluruh negara. Apalagi kalau negara berkembang seperti Indonesia, Vietnam, dan lainnya.

 

Rumah mikro ini berada di Ho Chi Minh City, Vietnam. Rumah ini berada di kawasan padat yang bernama Hem.

 

Wilayah ini dipenuhi oleh rumah sempit. Sebenarnya, area ini kurang layak menjadi tempat tinggal karena kumuh dan padat. Kawasan sekitar rumah ini mengingatkan pada kondisi serupa di Jakarta ya.

 

Seperti dilansir dari halaman rumah123.com, namun biro arsitek Vietnam, MM++ Architects bisa mendesain sebuah hunian yang berada di atas lahan sempit. Luas lahan hanya 32 meter persegi, 4x8 meter. Ukurannya juga tidak beraturan.

 

Biro arsitek mendesain rumah ini menjadi empat lantai plus satu lantai sebagai teras. Alhasil, rumah ini pun menjadi lega dan bisa mengakomodasi empat penghuninya.

 

Lantai pertama menjadi akses masuk dan menjadi dapur dan ruang makan. Sementara lantai kedua berisi ruang duduk. Ruang kamar berada di dua lantai teratas.

 

Tangga yang menghubungkan tiap lantai menjadi area sirkulasi udara. Selain itu, pada bagian fasad ada sejumlah kayu yang berfungsi sebagai ventilasi udara dan cahaya.

 

Jika melihat interior rumah yang modern minimalis ini, nggak akan menyangka kalau rumah keren ini berada di kawasan kumuh dan padat penduduk. Kamu mau mendesain hunian serupa kalau punya luas tanah yang sama?

Share
Search
Tag