logo-raywhite-offcanvas

07 Dec 2018

Yuk Intip Gedung Kayu Tertinggi Di Dunia

Yuk Intip Gedung Kayu Tertinggi Di Dunia

Gedung ini baru saja dinobatkan menjadi gedung kayu tertinggi di Australia. Bangunan ini berada di Brisbane, salah satu kota bisnis di benua Kanguru ini.

Sepintas memang tidak ada yang berbeda dari bangunan ini dibandingkan gedung lainnya. Fasad gedung ini memang sama dengan bangunan lainnya, apalagi eksterior memang memasang material kaca.

Namun, saat melihat dekat dan ke dalam gedung, ternyata bangunan ini memakai material kayu. Hal ini berbeda dengan banyak gedung yang menggunakan beton dan juga baja.

Seperti dilansir dari halaman properti rumah123, studio arsitektur Bates Smart mendesain bangunan ini. Arsitek menggunakan kombinasi kayu glulam (glued laminated timber) dan CLT (cross laminated timber).

Gedung dengan sepuluh lantai ini memiliki ketinggian 45 meter. Sembilan lantai merupakan perkantoran berdesain open-plan office, sementara satu lantai dasar berisi cafe dan restoran. Pembangunannya hanya memakan waktu 18 bulan.

Area bangunan ini memiliki luas 15.000 meter persegi. Bangunan ini menghadap ke Selatan untuk memaksimalkan pencahayaan alami. Material aluminium juga dipasang untuk mengurangi efek panas matahari.

Bangunan ini juga dirancang ramah lingkungan. Air hujan dikumpulkan dan diolah. Penggunaan lampu dibuat efisien, ada dinding berisi tanaman pada area lobi, serta penggunaan pendingin ruangan secara maksimal.

Meski menggunakan kayu olahan, Bates Smart menyakinkan kalau bangunan ini lebih tahan api dibandingkan dengan bangunan serupa menggunakan baja. Bates Smart meyakinkan struktur kuat terhadap kebakaran.

Sejumlah biro arsitektur mendesain dan membangun gedung tinggi dari material kayu. Kekhawatiran mengenai kebakaran memang menjadi salah satu masalah utama.

Share
Search
Tag