logo-raywhite-offcanvas

22 May 2018

Arsitektur Kekinian Kaya Warna

Arsitektur Kekinian Kaya Warna

Arsitek asal Inggris, Will Alsop meninggal dalam usia 70 tahun di Inggris pada Sabtu (12/05/2018). Dia meninggal setelah menderita sakit.

Alsop merupakan founder biro arsitektur All Design. Sebelumnya, dia pernah mendirikan sejumlah firma bersama sejumlah arsitek lainnya.

Seperti dirangkum dari halaman rumah123.com, dia dianggap sebagai salah satu arsitek dengan talenta besar dan karakter hebat. Alsop mendesain bangunan dengan warna-warna terang dan juga bentuk yang tidak lazim.

Karya arsitekturnya memang berwarna, ekspresif, dan energik. Salah satu karya terbaiknya adalah Peckham Library di ibu kota Inggris, London.

Bangunan perpustakaan yang unik ini mengantarkan Alsop memenangkan Stirling Prize 2000. Award ini merupakan penghargaan arsitektur terbesar di Inggris.

Sejak masih muda dan masih menjadi mahasiswa arsitektur, Alsop sudah dikenal reputasinya. Dia sempat mengikuti sayembara mendesain Centre Pompidou di Prancis pada 1971.

Desain bangunannya tidak menang. Alsop kalah dari arsitek asal Inggris, Richard Rogers dan Renzo Piano yang berasal dari Italia.

Sejumlah karya Alsop mendapatkan apresiasi seperti Cardiff Bay Visitor Centre di Inggris, Hamburg Ferry Terminal di Jerman, Hotel du Departement des Bouches-du-Rhone di Prancis, North Greenwich Tube Station di Inggris, dan Sharp Centre for Design, Ontario College of Art & Design di Kanada.

Jika melihat karya-karya Alsop ini, asyik banget ya pekerjaan arsitek yang bisa mendesain bangunan yang unik dan ikonik. Kalau sekarang, buat generasi milenial, bangunanya bukan lagi unik dan ikonik, tetapi harus yang Instagramable.

Share
Search
Tag