logo-raywhite-offcanvas

19 Nov 2018

Beli Rumah Atap Rusak, Malah Untung

Beli Rumah Atap Rusak, Malah Untung

Saat membeli rumah terutama hunian di pasar sekunder, tentunya tidak seperti membeli di pasar primer. Tidak ada salahnya jika kamu akhirnya memutuskan untuk membeli rumah meski bagian atapnya rusak. Kenapa begitu?

Jika kamu membeli rumah di pasar sekunder alias rumah second, kamu bakal dihadapkan banyak problem. Rumah lama pastinya tidak selalu dalam kondisi baik.

Ada saja kekurangannya. Namun, hal itu jangan sampai menghalangi niat kamu untuk membeli rumah lho. Saatnya, kamu menjadi fixer upper alias ahli dalam renovasi rumah.

Bisa jadi hunian incaran kamu dekat dengan sekolah, pasar, rumah sakit, tempat kerja, dan lainnya. Tetapi, hanya karena atap rusak, masak kamu nggak jadi beli. Kan hanya perlu diperbaiki saja.

Seperti dilansir dari situs properti rumah123 dan Realtor menyatakan ada keuntungan jika membeli rumah yang atapnya rusak. Keuntungannya sudah tentu bisa meminta pengurangan harga.

“Selama masa pemeriksaan, minta saran dari kontraktor berpengalaman untuk memperbaiki atau mengganti atap,” ujar Maya Madison kepada Realtor. Madison merupakan agen properti di kantor broker Keller Williams Realty di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

“Apakah nantinya penjual akan sepakat untuk memperbaiki sebelum menandatangani jual beli atau pembeli meminta pengurangan harga,” lanjutnya.

Sebelum membeli, kamu bisa meminta bantuan kontraktor atau tukang bangunan untuk mengecek atap. Kamu bisa memperkirakan berapa besar biaya renovasi.

Setelah itu, kamu bisa meminta pengurangan harga kepada penjual, sambil memperhitungkan biaya renovasi. Setidaknya kamu harus memperhitungkan kalau biaya renovasi tidak terlalu besar, sementara biaya pengurangan harga bisa turun banyak. Nah, kamu menang banyak deh.

Share
Search
Tag