logo-raywhite-offcanvas

22 Sep 2018

Apakah Rumah Kamu Salah Satu Rumah Masa Depan?

Apakah Rumah Kamu Salah Satu Rumah Masa Depan?

Biasanya rumah yang hemat listrik dan air itu berukuran kecil. Tapi jangan salah, kalau rumah berukuran lumayan besar juga bisa menerapkan hal yang sama.

Sebuah rumah di Hill Country, negara bagian Texas, Amerika Serikat menerapkan hal serupa. Rumah ini mempunyai luas 473 m2.

Biro arsitek Miro Rivera Architects merancang rumah ini. Konsep ramah lingkungan dan berkelanjutan diterapkan.

 

Rumah ini memasang solar panel pada atap untuk mendapatkan energi listrik. Sumber listrik ini bisa menghasilkan 61% pemakaian listrik. Wah, bisa irit pemakaian listrik ya.

Air juga dikumpulkan dan kemudian ditampung. Ada sistem yang mengatur kebutuhan air rumah ini. Selain itu, ada sistem pengaturan panas saat dingin dan panas.

Lantaran rumah ini berada di kawasan Texas yang sering banjir, Miro Rivera Architects membuat fondasi yang berbeda. Air bisa mengalir dan lewat begitu saja saat musim hujan.

Seperti dilansir dari halaman rumah123.com, biro arsitek mendesain bagian dalam dan juga luar rumah dengan rancangan modern. Rumah terlihat menarik dengan interior dan eksterior yang keren.

Wah, pernah membayangkan untuk memasang solar panel untuk mengirit pemakaian listrik. Kayaknya sih masih belum lazim di Indonesia ya. Sebaiknya sih kamu menyalakan lampu bila perlu.

Begitu juga dengan air. Segera matikan kran bila air sudah penuh. Kalau kamu bisa melakukan dua hal ini, tagihan listrik dan air bisa berkurang.

Tapi yang menarik, desain rumah yang bisa mengatasi banjir ya. Seharusnya beberapa wilayah di Indonesia menerapkan hal ini.

Share
Search
Tag