logo-raywhite-offcanvas

31 Aug 2018

Maukah Kamu Tinggal di Tempat Yang Bisa Bikin Panjang Umur?

Maukah Kamu Tinggal di Tempat Yang Bisa Bikin Panjang Umur?

Sekitar seratus tahun lalu, rata-rata harapan umur di seluruh dunia hanya sekitar 31 tahun. Saat ini, orang-orang bisa hidup lebih lama alias panjang umur.

Mereka nggak hanya panjang umur lho, tetapi juga hidup sehat. Di beberapa negara seperti Jepang, Islandia, dan Italia, pria dan wanita bisa berumur hingga lebih dari 80 tahun.

Banyak yang menjadi orang bisa panjang umur. Penanganan kesehatan semakin berkembang, pengguna rokok berkurang secara keseluruhan, dan munculnya kondisi orang ingin hidup sehat. Semua ini bikin orang panjang umur secara kolektif.

Tapi, ada tapinya lho. Ada beberapa kota besar dan kota kecil yang menjadi tempat tinggal mereka yang berusia satu abad. Hal ini bukan aneh, malah hal biasa.

Seperti dilansir dari halaman rumah123.com, beberapa tempat yang dikenal memiliki penduduk berumur panjang adalah Sardinia (Italia), Okinawa (Jepang), Nicoya (Kosta Rika), Loma Linda (Amerika Serikat), dan Ikaria (Yunani).

Di tempat-tempat ini, seringkali disebut “Zona Biru”, orang bisa hidup dua dekade lebih lama dari mereka yang berusia 80 tahun. Padahal orang berusia 60-70 tahun saja sudah bisa dibilang dapat bonus ya.

Mereka yang bisa berusia 100 tahun, punya kesempatan hidup lebih panjang dari mereka yang berumur 80 tahun. Ya, iyalah. Mereka yang bisa mencapai usia satu abad ini punya waktu tambahan 10 miliar menit, 20 kali peluang meniup lilin ulang tahun, dan 7.305 peluang melihat matahari terbit dan matahari terbenam.

Sebuah riset yang dilakukan oleh Dan Buettner dan National Geographic, ada beberapa tempat di dunia yang dihuni orang yang berumur panjang dan hidup sehat. Mereka benar-benar hidup sehat.

Berita bagusnya, hal ini nggak terkait dengan gen lho alias faktor keturunan. Faktor pendukung lainnya adalah gaya hidup sehat. Artinya hampir semua orang melakukan kebiasaan hidup sehat dalam keseharian agar bisa berumur panjang.

Buat kamu yang pengen hidup sehat, mulai dong biasa makan yang sehat dari rumah. Makan sayur dan buah, minum susu dan air putih, serta rutin berolahraga.

Kalau di Indonesia ada nggak ya penelitian tentang hal ini? Truz di mana juga ya kota atau daerah yang memiliki penduduk dengan usia lebih dari 80 tahun atau bahkan bisa sampai 100 tahun? Kalau ada, kamu mau pindah ke sini nggak?

Share
Search
Tag